Raja Cameo: Stan Lee sang Kreator Marvel

0
611
Raja Cameo: Stan Lee sang Kreator Marvel

Mungkin di antara kalian sudah pada tahu siapa itu Stan Lee? Yap, benar! Stan Lee adalah orang di balik karya-karya hebat Marvel, berbagai macam superhero lahir dari fantasi liarnya. Pasti kalian suka, bahkan mengikuti film superhero keluaran Marvel. Namun, apakah kalian tahu hampir di setiap film superhero Marvel ternyata selalu ada sosok Stan Lee sebagai cameo?

Berdasarkan pemungutan suara IMDb, Stan Lee merupakan sosok cameo favorit yang dipilih oleh para pengguna IMDb. Sebelum kita bahas lebih lanjut, kalian tahu ga apa itu ‘cameo’? Menurut kamus Cambridge, cameo adalah peranan kecil, tetapi mudah diingat pada film atau pementasan drama. Durasi mereka tampil pun tergolong singkat.

Saat ini, cameo pada film bahkan muncul dari orang-orang terkenal dari berbagai bidang, misalnya kalangan selebritis, pembuat film, politikus, atlet, atau musisi, tergantung tema filmnya. Selain orang terkenal, cameo juga dapat menggunakan karakter fiksi ternama dan benda-benda mati seperti foto orang terkenal, serta lukisan ataupun karya apa saja yang sudah dikenal banyak orang. Nah, cameo itu bukan orang yang ada di ujung kamera sedang melambaikan tangan, atau lagi menengok terus sadar kamera dari kejauhan, ya. Itu namanya bukan cameo, tetapi warga lokal lagi nonton syuting atau pembuatan film, hahahaha.

Oke, ulasinema akan bahas cameo sosok kreator Marvel; inilah dia kemunculan Stan Lee dalam berbagai filmnya sendiri.

1

The Trial of The Incredible Hulk (1989)

Pertama kali Stan Lee berada pada film Marvel, yaitu The Trial of The Incredible Hulk pada tahun 1989. Stan Lee berperan sebagai juri di pengadilan saat Hulk ditangkap.

2

X-Men (2000)

Pada tahun 2000, Stan Lee kembali bermain sebagai penjual hotdog di pantai saat Senator Kelly muncul setelah berhasil meloloskan diri dari Magneto/Erik Lehnsherr.

3

Spider-Man (2002)

Film perdana Spider-Man tahun 2002 menjadikan Stan Lee sebagai saksi pertarungan pertama Spider-Man dan Green Goblin di Times Square. Tidak hanya itu, Stan Lee juga menyelamatkan seorang gadis kecil dari puing-puing gedung yang berjatuhan akibat pertarungan tersebut.

4

Daredevil (2003)

Saat membaca koran sambil berjalan, Stan Lee hampir tertabrak bus saat menyebrang jalan. Namun, dia berhasil diselamatkan oleh Daredevil/Matt Murdock saat masih muda.

5

Hulk (2003)

Stan Lee berperan sebagai petugas keamanan di laboratorium tempat Hulk/Bruce Banner bekerja. Stan Lee tidak sendirian dan ditemani oleh Lou Ferrigno, pemeran Hulk pada tahun 1989.

6

Spider-Man 2 (2004)

Tidak jauh berbeda dari peran sebelumnya pada film Spider-Man tahun 2002. Stan Lee kembali menjadi saksi pertarungan Spider-Man melawan Doc Ock yang ingin merampok bank. Sekali lagi, Stan Lee berhasil menyelamatkan seorang wanita dari puing-puing gedung yang berjatuhan.

7

Fantastic Four (2005)

Selain menciptakan karakter superhero, Stan Lee juga menciptakan karakter tukang pos pada Fantastic Four tahun 2005. Ini pertama kalinya Stan Lee memerankan sendiri karakter yang ia ciptakan.

8

X-Men: The Last Stand (2006)

Dalam film ini, Stan Lee berperan sebagai warga sipil yang sedang menyiram tanaman. Air yang disemprotkan tiba-tiba melayang karena kekuatan dari Jean Grey. Hal ini terjadi saat Jean Grey mendemonstrasikan kekuatannya di hadapan Profesor X/Charles Xavier dan Magneto/Erik Lehnsherr.

10

Spider-Man 3 (2007)

Stan Lee tiba-tiba muncul di depan Times Square tempat Peter Parker berada dan mengatakan ‘nuff said’. ‘Nuff said’ merupakan kata yang sering Stan Lee tulis di komik Spider-Man. Kata tersebut dapat digunakan untuk menghentikan pembicaraan atau ‘cukup’.

9

Fantastic Four: Rise of The Silver Surfer (2007)

Pada film kedua Fantastic Four ini berperan sebagai tamu pada pernikahan Reed Richard dan Susan Storm. Namun, karena namanya tidak terdaftar, Stan Lee diusir olehpenerima tamu.

11

Iron Man (2008)

Tony Stark (Iron Man) datang menghadiri acara amal, dia menyapa seorang kakek yang dikelilingi oleh wanita-wanita cantik. Ia dikira Hugh Hefner, bos majalah Playboy, tetapi Tony Stark salah kira.

12

The Incredible Hulk (2008)

Pada adegan ini, Stan Lee tak sadarkan diri setelah meminum softdrink yang telah terkontaminasi darah Hulk/Bruce Banner.

13

Iron Man 2 (2010)

Pada film kedua Iron Man, Tony Stark kembali salah mengira Stan Lee sebagai Larry King saat meninggalkan tempat acara.

14

Thor (2011)

Berbeda dari peran-peran sebelumnya, pada film perdana Thor ini Stan Lee berperan sebagai sopir truk yang mencoba menarik palu Thor, Mjolnir. Bukannya Mjolnir yang tertarik, tetapi bak truk Stan Lee terlepas karena tidak kuat menariknya.

15

Captain America: The First Avenger (2011)

Peran Stan Lee di Captain America: The First Avenger cukup bergensi, meskipun tetap cameo, Stan Lee berperan sebagai Jendral Tentara Amerika pada saat perang dunia ke II.

16

The Avengers (2012)

Kali ini Stan Lee berperan sebagai penduduk sipil di New York yang tidak percaya akan keberadaan The Avengers ketika ia diwawancarai sebuah stasiun televisi.

17

Ia juga berperan sebagai kakek tua yang sedang sarapan kemudian tiba-tiba bicara pada Captain America yang sedang lewat. Adegan ini tidak ditayangkan di bioskop.

18

The Amazing Spider-Man (2012)

Adegan kali ini cukup menggelitik. Stan Lee berperan sebagai penjaga perpustakaan yang tengah asik mendengarkan lagu melalui earphone-nya. Dia tidak mendengar keributan yang ditimbulkan dari pertarungan Spider-Man melawan Lizard.

19

Iron Man 3 (2013)

Cameo Stan Lee tidak jauh berbeda peran pada film Iron Man dan Iron Man 2. Masih dikelilingi wanita cantik, kali ini ia berperan sebagai juri kecantikan pada televisi. Saat itu, Tony berada pada mobil penyiar siaran kontes kecantikan tersebut.

20

Thor: The Dark World (2013)

Pada film ini, Stan Lee berperan sebagai kakek tua yang mempunyai masalah kejiwaan.

25

Agents of S.H.I.E.L.D (2014)

Kembali dikelilingi wanita cantik, inilah peran Stan Lee pada serial Agents of S.H.I.E.L.D tahun 2014.

21

Captain America: The Winter Soldier (2014)

Lagi, Stan Lee berperan sebagai petugas keamanan museum. Di museum ini, baju asli Captain America yang dipamerkan dan tiba-tiba hilang sewaktu Stan Lee bertugas.

22

The Amazing Spider-Man 2 (2014)

Stan Lee berperan sebagai wali wisudawan. Peter Parker/Spider-Man yang terlambat datang secara tidak sengaja terlihat oleh Stan Lee.

23

Guardians of the Galaxy (2014)

Kali ini cameo Stan Lee muncul begitu awal dibanding sebelumnya. Stan Lee berperan sebagai penggoda gadis di atas jembatan.

26

Agent Carter (2014)

Stan Lee berdiskusi dengan ayah Tony Stark yang baru saja ditemuinya.

24

Big Hero 6 (2014)

Ini kali pertama Stan Lee tampil di film animasi. Film animasi yang berjudul Big Hero 6 pada Tahun 2014 ini merupakan adaptasi dari komik Marvel dengan nama yang sama. Pada film ini dimunculkan lukisan karakter Stan Lee sebagai ayah dari Freed

27

Avengers: Age of Ultron (2015)

Dia menggunakan topi militer dan terlalu mabuk karena pesta Asgardian

28

Ant-Man (2015)

Menjadi bartender tua yang bersahaja sangatlah cocok untuk Stan Lee.

32

Daredevil (2015)

Dalam versi layar lebar Daredevil (2003) sebelumnya Stan Lee diselamatkan oleh Daredevil muda. Pada versi serial Daredevil tahun 2015 ini, Stan Lee hanya ditampilkan pada pajangan foto di kantor kepolisian.

33

Jessica Jones (2015)

Kembali ditampilkan hanya sebagai pajangan foto ketika Jessica Jones menyambangi kantor polisi dan dikejutkan oleh Kilgrave.

34

Luke Cage (2016)

Saat Luke Cage menyaksikan perampokan toko, terdapat poster dengan foto Stan Lee yang sama dengan Daredevil (2015) dan Luke Cage (2016).

29

Deadpool (2016)

Seperti filmnya yang tidak senonoh, begitu pula penampilan Stan Lee sebagai pembawa acara di klub malam.

30

Captain America: Civil War (2016)

Cameo lucu ini menampilkan Stan Lee yang mengantarkan paket dan salah menyebut nama Tony Stark menjadi ‘Tony Stank (busuk)’.

31

X-Men: Apocalypse (2016)

Pada film ini sang kreator ditampilkan bersama istri aslinya, Joana. Mereka ketakutan melihat Apocalypse yang meluncurkan nuklir secara babi buta.

35

Doctor Strange (2016)

Stan Lee muncul sedang membaca buku pada bus di New York yang dihinggapi oleh Doctor Strange pada jendelanya. Diberitakan bahwa Stan Lee juga syuting untuk empat film Marvel lainnya pada hari yang sama, yakni Guardians of the Galaxy vol. 2 (2017), Spider-Man: Homecoming (2017) dan Thor: Ragnarok (2017).

36

Logan (2017)

Tidak tampil spesifik dalam film Logan, tetapi muncul pada teaser Deadpool 2 (2018) yang ditayangkan sebelum film Logan.

37

Iron Fist (2017)

Kembali muncul sebagai poster seperti pada Luke Cage (2016).

38

Guardians of the Galaxy (2017)

Saat ini dia menjadi astronot dan dikelilingi oleh tiga alien di planet tak dikenal.

39

Spider-Man: Homecoming (2017)

Lee berperan sebagai Gary, orang tua yang memarahi Spider-Man yang menciptakan kegaduhan.

40

The Gifted (2017)

Marcos berpapasan dengan Lee ketika memasuki bar.

41

Thor: Ragnarok (2017)

Cameo Stan Lee pada Thor: Ragnarok, ia menggunakan ban lengan yang diujungnya terdapat gunting cukur. Gunting tersebut digunakan untuk memotong rambut Thor.

Baca juga: Avengers: Endgame (2019) — Penutup Manis yang Berlubang

Sumber      : Insider
Penulis       : Raynaldy Eka Wiratama
Penyunting : Muhammad Reza Fadillah