Rekomendasi Film Keluarga

0
662
Rekomendasi Film Keluarga oleh ulasinema

Berkumpul bersama pasangan beserta anak-anak merupakan cara terbaik untuk menghabiskan waktu pada akhir pekan. Akhir pekan bisa jadi waktu untuk berwisata, tetapi jika sudah lelah dengan kegiatan sehari-hari, Anda bisa memilih kegiatan yang lebih santai. Salah satu pilihan kegiatan yang sempurna ialah menyaksikan film keluarga.

Menonton film bersama keluarga tentunya tidak bisa asal memilih tontonan. Anak-anak pastinya ingin tontonan yang ceria dan menghiburnya. Sementara itu, orang tua pasti menginginkan film-film yang edukatif agar anak-anak bisa belajar banyak hal. Tentu, memilih film yang memiliki bobot keduanya bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, ulasinema coba merangkum film-film yang memiliki kedua hal tersebut. Berikut rekomendasi film keluarga yang edukatif dan menghibur.

Keluarga Cemara (2018)

Rekomendasi Film Keluarga ulasinema - Keluarga Cemara (2018)

Anda akan terkenang lagi nostalgia masa lalu saat menghabiskan waktu sore hari ketika bersama orang tua Anda menyaksikan sinetron Keluarga Cemara di RCTI. Kisah yang didasarkan dari novel karangan Arswendo Atmowiloto ini memang memiliki bobot yang sangat baik. Takheran jika pada tahun 2018 sutradara Yandy Laurens kembali mengadaptasinya jadi film layar lebar yang takkalah manisnya dengan sinetronnya dulu.

Film ini berkisah tentang sebuah keluarga menengah ke atas yang mengalami kebangkrutan dan pindah ke desa, ke rumah orang tuanya yang sudah lama tidak ditinggali. Keluarga Cemara mengajarkan kita untuk menerima keadaan dan tetap bersatu menghadapi rintangan sebagai keluarga. Termuat nilai edukatif untuk orang tua dan anak agar bisa lebih memahami anak; anak dapat menghadapi perubahan.

Toy Story (1995)

Rekomendasi Film Keluarga - Toy Story (1995)

Saat melihat gambar gerak yang hidup dan dibuat tiga dimensi, momen yang disuguhkan Pixar dalam Toy Story pada masa lalu ini pastinya mengejutkan Anda selagi masih anak-anak. Nyatanya, film ini memuat banyak kegembiraan yang bisa kita nikmati hingga sekarang. Tentu, menularkan kesukaan pada film magis ini kepada anak merupakan hal yang dapat dimengerti.

Toy Story merupakan kisah persaingan dua mainan yang ingin menjadi favorit pemiliknya. Kisah ini bersudut pandang Woody, mainan yang telah lama menjadi favorit sang pemilik, Andy. Ia terusik dengan kedatangan Buzz yang lebih modern. Dengan fokus cerita seperti ini, film ini bisa menjadi sarana edukasi bagi anak untuk menghargai satu sama lain, baik itu dalam pertemanan maupun persaudaraan.

Happy Feet (2006)

Rekomendasi Film Keluarga - Happy Feet (2006)

Penguin memang salah satu hewan yang paling menggemaskan di dunia dan Happy Feet tidak perlu bersusah payah mendesain ulang hewan ini dalam filmnya. Animasi dalam film ini sangat baik, detail, dan mendekati kenyataan. Sutradara Mad Max, George Miller yang memimpin film ini, membawa kita ke dalam petualangan yang begitu unik di Antartika.

Dikisahkan, Mumble merupakan seekor penguin kecil yang gemar dan memiliki bakat menari. Tentunya, kelakuannya ini tidak normal sehingga Mumble dikucilkan. Hal yang diajarkan dalam film Happy Feet merupakan cara kita dalam menerima perbedaan, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Penting bagi anak dan cara pandang kita dalam melihat perbedaan, lalu mengubahnya menjadi sesuatu yang spesial. Selain itu, kita juga belajar lagi perihal kehidupan penguin di Antartika yang sangat sulit digapai dan hanya bisa disaksikan di dokumenter yang bisa membuat anak bosan.

Sekian rekomendasi film keluarga dari ulasinema. Semoga dengan menyaksikan film-film tersebut bersama keluarga, Anda bisa menikmati waktu yang menyenangkan dari tontonan edukatif. Selamat menikmati kebersamaan!

Penulis: Muhammad Reza Fadillah
Penyunting: Anggino Tambunan