Rekomendasi Film Keluarga (Bagian 2)

0
165

Nilai edukasi kerap menjadi unsur yang dicari para orang tua saat mencari tontonan untuk sang buah hati. Tujuannya tentu agar sang anak dapat memetik pesan moral positif yang bisa dijadikan acuan dalam berperilaku sehari-hari. Rekomendasi film keluarga di bawah ini dapat menjadi jawaban bagi Anda yang hendak mencari tontonan menghibur dan edukatif bagi anak dan orang tua sendiri pada kala luang.

Saat ini, ada banyak film keluarga yang memberikan pesan positif kepada para penonton dengan cara unik. Masing-masing sineas punya cara tersendiri dalam menyelipkan pesan moral pada karya-karyanya. Ada pesan yang disampaikan lewat ucapan tokoh, ada pula yang memvisualisasikannya lewat perilaku atau adegan metaforis. Berikut rekomendasi film keluarga yang memiliki kisah unik serta sarat dengan pembelajaran positif untuk Anda!

Hugo (2011)

Rekomendasi Film Keluarga (Bagian 2) - Hugo (2011)

Dikenal sebagai sutradara film genre kriminal andal, Martin Scorsese membuktikan dirinya juga mampu menggarap film drama menyentuh dan manis berjudul Hugo. Film yang diadaptasi dari buku Brian Selznick ini akan mengajak Anda bertualang menjelajahi suasana stasiun di kota Paris era 1930-an. Alur cerita sederhana dibalut pengambilan gambar unik nan indah membuat film ini cocok jadi tontonan keluarga pada waktu santai.

Kisah film iniberpusat pada anak yatim piatu bernama Hugo yang berusaha menghidupkan kembali mesin canggih berwujud manusia peninggalan ayahnya dahulu. Ia berharap aktifnya mesin tersebut mampu mengantarkan dirinya pada tujuan hidup yang dicari selama ini. Lewat film ini, Scorsese seolah-olah mengajak penonton untuk takmenyerah dalam proses pencarian jati diri serta bangkit dari trauma dan luka dari masa lalu.

Avril et le Monde Truqué / “April and the Extraordinary World” (2015)

Rekomendasi Film Keluarga (Bagian 2) - April and the Extraordinary World (2015)

Pernah membayangkan seperti apa wajah dunia jika seluruh ilmuwan dilarang berkreasi secara bebas? Ide unik tersebut berasal dari  dunia khayal yang dibangun Christian Desmares dan Franck Ekinci dalam April and the Extraordinary World. Saat menontonnya, Anda akan diajak menyelami petualangan imajinatif yang seru, jenaka, dan mendebarkan hingga akhir.

Dikisahkan, April Franklin ialah gadis jenius yang berambisi membuat serum super yang dicita-citakan keluarganya sejak lama. Kegigihan April mencari serum dan keluarganya akan mengilhami Anda untuk terus mengejar mimpi tanpa lelah. Gaya animasi yang memikat serta kehadiran teka-teki misteri menjadi hal-hal yang takterlupakan dalam film ini.

Mr. Popper’s Penguins (2011)

Rekomendasi Film Keluarga (Bagian 2) - Mr. Popper's Penguin (2011)

Jika Anda merindukan kelakar absurd khas Jim Carrey dengan binatang dalam seri film Ace Ventura, Mr. Popper’s Penguins bisa jadi penawar rindu yang tepat. Film keluarga ini memiliki bobot cerita yang ringan sehingga mudah diikuti penonton pada segala umur. Kecakapan Carrey sebagai aktor drama komedi rasanya sukses membuat atmosfer film ini menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

Film ini menceritakan kehidupan pebisnis sukses bernama Thomas Popper yang berubah usai mendapat kiriman penguin dari ayahnya di Arktika. Lewat pendekatan humor, sutradara Mark Water coba mengingatkan penonton untuk taklupa menjadi pribadi yang kaya hati saat mengejar kesuksesan duniawi. Penampilan penguin sungguhan yang dipadukan bantuan efek visual pada film ini juga terlihat enak dipandang mata.

Demikian rekomendasi film keluarga jilid dua yang bisa Anda tonton bersama orang-orang tercinta di rumah. Semoga film-film di atas dapat bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin mencari tontonan edukatif dan menghibur untuk keluarga. Selamat menonton!

Baca juga: Rekomendasi Film Keluarga Bagian 1

Penulis: Farhan Iskandarsyah
Penyunting: Muhammad Reza Fadillah