Oscar 2021: Diundur ke April dan Akan Banyak Perubahan

0
50

Academy Awards atau Oscar ke-93 yang semula dijadwalkan pada 28 Februari 2021 resmi diundur ke 25 April 2021. Kabar ini disampaikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (The Academy) pada hari Senin (15/6/2020) waktu setempat. Selain itu, ajang penghargaan film bergengsi ini juga akan menerapkan sejumlah perubahan besar.

Presiden The Academy, David Rubin, dan CEO, Dawn Hudson, menanggapi perubahan jadwal acara Oscar ke-93. Menurut mereka, keputusan ini diambil untuk memberi fleksibilitas kepada sineas sehingga mereka mampu menyelesaikan dan menayangkan film.

“Selama lebih dari seabad, film telah mengambil peran penting dalam hal menenangkan, menginspirasi, dan menghibur kita selama masa-masa paling kelam,” kata David Rubin dan Dawn Hudson dalam pernyataan resmi mereka, dilansir dari Deadline, Senin (15/6/2020).

“Harapan kami, dalam memperpanjang periode kelayakan dan tanggal penghargaan, ialah untuk menyediakan fleksibilitas yang dibutuhkan para sineas dalam menyelesaikan dan merilis film mereka tanpa terkena hukuman untuk sesuatu yang berada di luar kendali siapa pun,” tambahnya.

Seperti yang telah diketahui, pandemi Korona yang sedang berlangsung mempersempit ruang pekerja sinema untuk memproses film-filmnya. Selain itu, dibatasinya ruang gerak menyebabkan sejumlah bioskop ditutup hingga sebagian besar penayangan film ditunda. Tentu, memundurkan jadwal Oscar ke-93 merupakan keputusan yang dapat dipahami.

Sementara itu, Oscar ke-93 bukan satu-satunya acara The Academy yang mengalami perubahan jadwal. Pihak The Academy juga mewartakan bahwa gala Governor Awards yang biasa digelar pada musim gugur diundur ke waktu yang belum dapat dipastikan. Begitu juga halnya dengan pembukaan Academy Museum of Motion Pictures yang direncanakan Desember tahun 2020 pindah ke April 2021.

Perubahan Besar yang Diumumkan Pihak Academy terkait Oscar 2021

Dilansir dari Hollywood Reporter, ada sejumlah perubahan besar yang terjadi seiring penundaan acara Oscar ke-93. Pertama, pihak The Academy resmi memperpanjang aturan tanggal kelayakan film fitur dari 1 Januari 2020 hingga 28 Februari 2021. Rentang waktu yang diberikan awalnya hanya berlaku sampai 31 Desember 2020.

Kedua, batas waktu pengajuan film untuk kategori entri umum seperti film terbaik, lagu tema terbaik, dan skoring terbaik jatuh pada tanggal 15 Januari 2021. Selain itu, batas waktu pengajuan untuk kategori khusus seperti film fitur animasi, fitur dokumenter, fitur internasional, animasi pendek, dokumenter pendek, dan film aksi pendek jatuh pada tanggal 1 Desember 2020.

Ketiga, proses pemungutan suara daftar Oscar 2021 akan dimulai dari tanggal 1–5 Februari 2021. Acara ini akan dilanjutkan dengan pemungutan suara untuk nominasi Oscar dari tanggal 5–10 Maret 2021. Setelah itu, pemungutan suara terakhir direncanakan berlangsung dari tanggal 15–20 April 2021.

Penundaan Acara Oscar Sudah Terjadi Beberapa Kali Sepanjang Sejarah

Ini adalah kali keempat acara Oscar mengalami penundaan. Ajang penghargaan film prestisius ini pertama kali ditunda pada tahun 1938 karena banjir di wilayah Los Angeles. Oscar juga sempat mengalami penundaan pasca peristiwa pembunuhan Martin Luther King Jr. pada tahun 1968. Kemudian, pada tahun 1981, Oscar juga terpaksa ditunda menyusul peristiwa percobaan pembunuhan Presiden Ronald Reagan.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2020

Penulis: Farhan Iskandarsyah
Penyunting: Muhammad Reza Fadillah