Tenet (2020): Apa yang Sudah Diketahui dari Film Terbaru Christopher Nolan?

0
417
film tenet 2020

Sutradara kenamaan Christopher Nolan punya keseriusan sendiri dalam menggarap sebuah film. Trilogi The Dark Night yang dibesutnya dianggap sebagai salah satu film pahlawan super terbaik yang pernah muncul di layar lebar. Sementara itu, Interstellar (2014) juga dianggap sebagai film antariksa dengan akurasi sinematografi yang diakui ilmuwan.

Sutradara asal Inggris tersebut dikenal sangat terobsesi mengutak-atik waktu sehingga menciptakan teka-teki tertentu. Dalam Following (1998), film berbujet rendah yang diakui sebagai karya pertamanya, IMDb mencatat narasi film diputar sebanyak 31 kali walau film itu hanya berdurasi 69 menit. Memento (2001), film yang membuat nama Nolan mencuat, malah memakai alur terbalik: awal film adalah akhir narasi, akhir film adalah awal narasi.

Ketika the one and only Christopher Nolan mengumumkan akan merilis film terbarunya tahun depan yang berjudul Tenet, para penggemar pun bersuka cita. Dengan gayanya, Nolan terkesan kembali berteka-teki tentang apa yang hendak ia pamerkan dari dunia. Para aktor dilarang membicarakan banyak hal tentang film itu.

Lantas, sejauh mana publik dapat menerka rupa Tenet sebenarnya? Berikut poin-poin yang telah diketahui dari film ini:

Film tentang dunia mata-mata internasional
Tenet dideskripsikan sebagai “film aksi yang melibatkan dunia mata-mata internasional”. Proses pengambilan gambar akan dilakukan di tujuh negara berbeda. Mengenai jalan cerita, publik sampai saat ini hanya bisa menebak-nebak. Aktor Robert Pattinson hanya membeberkan naskah film ini dengan kalimat singkat, “Tidak nyata.”

Diduga berkorelasi dengan Inception dan James Bond
Comicbook menyebut Tenet adalah sekuel takresmi dari film Nolan sebelumnya, Inception (2010). Teknologi “penanaman” dan “ekstraksi” ide dari mimpi seseorang yang jadi penggerak utama di Inception kemungkinan telah dikembangkan militer di Tenet. Mengingat film ini juga akan menyajikan spionase dan aksi, para penggemar memperkirakan Tenet sebagai ilustrasi semesta James Bond dalam imajinasi Nolan.

Teaser trailer pertama hanya dirilis di bioskop
Nolan memperteguh komitmennya terhadap pengalaman sinematik dan keengganannya bergaul dengan platform penyiaran berbasis internet. Untuk itu, Nolan memilih diam-diam merilis teaser pertama Tenet hanya di bioskop. Teaser berdurasi 40 detik itu hanya ditayangkan di Regal Cinemas (perusahaan jejaring bioskop di Amerika Serikat) dan hanya tampil sebelum penayangan Hobbs & Shaw pada 1 Agustus 2019.

Dihiasi aktor-aktor baru
“Baru” yang dimaksud di sini, yaitu para aktor yang takpernah bekerja dengan Nolan sebelumnya. John David Washington telah muncul di teaser pertama. Pemeran terbaru Batman, Robert Pattinson, juga masuk daftar. Elizabeth Debicki, Himesh Patel, dan Aaron Taylor-Johnson juga ambil bagian. Aktris India, Dimple Kapadia, dan aktris Prancis, Clemence Poesy, juga kian menegaskan label internasional yang disandang Tenet. Praktis hanya Kenneth Branagh dan Michael Caine, dua aktor yang sebelumnya pernah dibesut Nolan.

Film orisinal dengan bujet produksi raksasa
Screen Rant melaporkan biaya produksi Tenet bisa mencapai 225 juta dolar AS (Rp3,4 triliun). Angka tersebut memang lebih murah daripada The Dark Knight (2008) yang memakan bujet sebesar 250 juta dolar AS (Rp3,6 triliun) atau Avengers: Endgame (2019) yang mencapai 356 juta dollar AS (Rp5,1 triliun). Akan tetapi, dua film tersebut merupakan adaptasi komik yang biasanya membutuhkan biaya visualisasi lebih besar. Sebagai perbandingan, film orisinal Nolan termahal sebelumnya, yaitu Interstellar, yang “hanya” berbujet 160 juta dollar AS.

Takditata komposer langganan
Hoyte van Hoytema akan kembali berpeluh di samping Nolan sebagai sinematografer. Akan tetapi, untuk urusan penataan suara, Nolan tak lagi ditemani Hans Zimmer. Penata suara asal Jerman tersebut telah menggarap semua film Nolan sejak Batman Begins (2005). Kali ini, ia memilih menepi karena akan menggarap film karya Denis Villeneuve, Dune yang juga akan rilis tahun depan. Tempat Zimmer akan diisi Ludwig Göransson yang sukses menangani film Black Panther (2018).

Rilis pada 17 Juli 2020
Mengingat film-film Nolan selalu sukses secara finansial, Warner Bros. pun memberikan tanggal tayang Tenet pada bulan Juli. Bulan ini memang selalu diisi oleh film-film Hollywood yang mengincar keuntungan besar, sebab tepat pada liburan musim panas. Tenet akan rilis perdana pada 17 Juli 2020.

Dengan semua teka-teki yang muncul sejak masa produksi, animo penggemar untuk segera melahap Tenet akan semakin membesar. Gambar resmi dari lokasi pengambilan gambarbelum banyak beredar. Jangan harap pula pihak studio akan merilis semacam first image seperti film-film Marvel. Bahkan, bisa saja trailer Tenet hanya akan diputar di jaringan bioskop tertentu dan tidak akan benar-benar muncul di internet. Semuanya terserah kepada Nolan.

poster film tenet
Poster perdana film tenet yang hanya menampilkan judul tanggal tayang film saja.

Penulis: Muhammad Najmul Ula
Penyunting: Muhammad Reza Fadillah
Sumber gambar: IMDb.com