The Devil Wears Prada (2006): Alasan Busana Modis dan Menarik Dapat Membantu Karier

0
8
The Devil Wears Prada (2006): Alasan Busana Modis & Menarik Dapat Membantu Karier

The Devil Wears Prada (2006) merupakan film karya David Frankel yang akan digemari para penggemar busana. Film ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Andrea “Andy” Sachs (Anne Hathaway) yang harus bekerja di industri busana kelas atas dan menjadi asisten dari Miranda Priestly (Meryl Streep), seorang editor majalah ternama. Film ini memperlihatkan perjuangan Andy untuk bisa menyesuaikan diri dengan budaya yang ada di tempat kerjanya, yang salah satunya ia harus mengubah cara berpakaian menjadi lebih modis dan menarik.

Di awal film, dijelaskan bahwa Andy adalah seorang lulusan baru yang ingin menjadi jurnalis. Namun, ia harus bekerja di industri busana milik Miranda terlebih dahulu sebelum dapat meraih mimpinya. Selama Andy bekerja, ia selalu diremehkan oleh rekan-rekan kerjanya. Cara ia berpakaian dianggap jelek dan kuno. Hal ini juga yang membuat Miranda memandang Andy sebelah mata dan lebih mempercayakan pekerjaan-pekerjaan penting kepada Emily Charlton (Emily Blunt), asisten senior Miranda yang juga rekan kerja Andy. Namun, setelah mendapat bantuan dari Nigel (Stanley Tucci), direktur seni perusahaan, Andy dapat mengubah cara berpakaiannya dan kehidupan kantornya mulai berubah menjadi lebih baik.

Mengapa penampilan yang modis dan menarik dapat membantu karier Andy? Mari kita bahas alasan gaya busana yang segar dan baru sangat membantu Andy dalam pekerjaannya sebagai asisten Miranda yang terkenal sebagai orang yang perfeksionis dan memiliki standar tinggi.

Andy Menjadi Lebih Dihargai dan Tidak Dipandang Sebelah Mata

Gaya kita berpakaian dapat mempengaruhi cara pandang orang lain terhadap diri kita. Seseorang yang berpakaian buruk dan tidak rapi tentu saja akan membuat orang lain memandang diri mereka buruk. Adapun seseorang yang berpakaian rapi dan menarik akan membuat orang lain berpikiran baik tentang mereka. Sama halnya dengan yang dialami Andy. Saat pertama kali datang ke kantor barunya, semua karyawan memandang remeh Andy dan kurang menghargai keberadaannya. Mereka memberi pandangan aneh dan enggan untuk berbicara dengannya. Sebabnya, di lingkungan kantor yang bekerja dalam bidang busana, pakaian Andy terlihat buruk dan membosankan. Namun, tepat setelah mengubah gaya berpakaiannya dengan bantuan Nigel, seluruh karyawan kantor, bahkan Miranda taklagi memandang remeh Andy dan mulai menghargainya.

Meningkatkan Kepercayaan Diri Andy

Setelah merasa jika ia taklagi diremehkan oleh rekan-rekan kerjanya, rasa percaya diri Andy perlahan mulai meningkat. Ia tidak lagi merasa malu dan rendah diri terhadap apa yang ia pakai. Dengan cara berpakaian yang baru, Andy menjadi lebih nyaman berada di tempat ia bekerja. Peningkatan rasa percaya diri ini dapat dilihat dari cara Andy berinteraksi dengan orang-orang di kantornya. Ia yang pada awalnya sering merasa murung dan putus asa, mulai bersemangat untuk melakukan pekerjaannya yang sangat sibuk dan melelahkan. 

Andy Mendapatkan Kepercayaan Penuh Miranda Priestly

Selain membuat Andy lebih dihargai dan lebih percaya diri, gaya busana yang modis dan menarik juga sangat membantu kehidupan pekerjaannya yang sulit. Miranda langsung memperhatikan Andy dan memberikan ia beberapa pekerjaan ketika Andy mengubah cara berpakaiannya yang buruk dan kuno. Pekerjaan sebagai asisten Miranda adalah mimpi untuk banyak gadis, bahkan terdapat dialog terkenal dari film The Devil Wears Prada, yaitu “A million girls would kill for this job.” Namun, sangat disayangkan, setiap gadis yang berhasil menjadi asisten Miranda tidak pernah bertahan lama. Gadis-gadis tersebut tidak tahan dengan sifat egois Miranda dan tekanan yang ia berikan. Awalnya, Andy juga merasakan hal yang sama seperti semua gadis itu. Namun, dengan ketekunan dan kepandaiannya ia berhasil mendapatkan kepercayaan dan membuat dirinya menjadi asisten yang paling disukai Miranda sepanjang masa. Pada akhir film pun Miranda lebih mempercayakan Andy untuk pergi bersamanya menghadiri peragaan busanadi Paris. Padahal, seharusnya Emily ikut serta karena ialah asisten senior.

Dalam film The Devil Wears Prada, dapat kita lihat bahwa gaya berpakaian yang sesuai dengan tempat kita berada dapat memberikan banyak manfaat. Cara berpakaian yang lebih modis dan menarik begitu membantu karier Andy di bidang busana. Hal ini disebabkan di dalam industri busana kelas atas, ia diharuskan untuk memiliki gaya berpakaian yang mencolok sama seperti rekan-rekan kerjanya yang lain. Perubahan busana memang menjadi hal yang Andy butuhkan. Sebab, dengan penampilan yang modis dan menarik, Andy berhasil mengubah pandangan orang lain terhadap dirinya yang pada akhirnya meningkatkan rasa percaya diri Andy dan membuat ia memperoleh kepercayaan Miranda Priestly.

Baca juga: Yesterday: Bagaimana Jika Hari Ini Anda Mewarisi Kepopuleran Mereka Kemarin?

Penulis: Sherina Debora Hasjim
Penyunting: Muhammad Reza Fadillah