Review Film Crazy Romance (2019): Romantisme Pekerja Korea Mencari Cinta

0
1655
Review Film Crazy Romance (2019): Romantisme Pekerja Korea Mencari Cinta

Dua nama pemain utama film Crazy Romance, yakni Kim Rae Won dan Gong Hyo Jon jelas langsung menempatkan film ini pada ekspektasi yang tinggi. Keduanya adalah pemain kelas A di Negeri Gingseng. Sama-sama terkenal selektif ketika menerima tawaran film maupun drama serial.

Film ini dibuka dengan adegan minum-minum menyambut pekerja baru, Oh So Young (Gong Hyo Jin). Ia ditanya apakah sudah punya pacar? “Saat ini belum,” jawabnya. Kejutan pun datang dari lelaki yang membawa bunga dan melamarnya. Namun, lamaran itu ditolak, sebab pacarnya ternyata selingkuh.

Sementara itu, Lee Je Hoon (Kim Rae Won) terus berusaha mengontak mantannya. Mereka batal menikah ketika semua persiapan pernikahan sudah dilakukan. Calon pengantin perempuan takdatang pada hari pernikahan mereka. Selepas itu, selain bekerja, Lee Je Hoon hanya bisa mabuk untuk menutupi kesedihan dan kekecewaannya.

Tidak ada yang dilebih-lebihkan dalam kisah cinta perkantoran ini. Hubungan pekerjaan juga berjalan biasa. Membicarakan teman kantor di belakang, minum karena sungkan, atau marah karena pekerjaan yang tak beres, semuanya biasa. Namun,semua hal yang biasa ini menjadi kekuatan film ini pada akhirnya, sebuah kisah realistis.

Sejak awal duduk di kursi penonton, sudah terbesut pikiran bahwa ceritanya akan asyik disertakan adegan-adegan romantis sesuai dengan judulnya. Ternyata, harapan ini takseindah bayangan. Sutradara Kim Han Gyul nampaknya takingin memanjakan mata dengan gambar cantik, tetapi lebih suka menampilkan keseharian para pekerja di kota Seoul, Korea Selatan.

Mungkin, alasan tersebutlah yang menyebabkan lambatnya hubungan antara Oh So Young dan Lee Je Hoon. Mereka menyadari saling tertarik, tetapi hati mereka yang terluka menolaknya. Mereka masih terikat masa lalu dan takingin segera memulai hubungan baru.

Separuh film ini akan dipenuhi dengan adegan minum dan mabuk. Hal ini pun menjadi kunci komedi dalam film ini. Ditampilkan dengan cara klasik, mereka lupa dengan apa saja yang dilakukan saat mabuk. Padahal, Setiap orang memiliki kebiasaan mabuk yang berbeda-beda. Saya terus terang bukan peminum, tetapi saya bisa membayangkan bagaimana rasa malu yang dialami orang habis mabuk dan menyadari kesalahan yang mereka perbuat. Oleh karena itu, saya bisa menikmati candaan dalam film ini. Hal lain yang tetap saya nikmati sesuai dengan ekspektasi adalah penampilan Gong Hyo Jin yang selalu menawan. Cantiknya, sih, standar, tetapi caranya membawa penampilan diri membuat mata terpikat.  

Hubungan kantor antarpekerja menjadi puncak dari konflik film ini. Penyelesaiannya bahkan sekaligus menjadi penyulut penyatuan Oh So Young dan Lee Je Hoon. Mereka menarik diri masing-masing ketika kantor bermasalah. Sebagai pekerja kelas kuli, saya bisa merasa menjadi bagian dari tim mereka. Ada saat saya tahu saya sedang dibicarakan di belakang, tetapi saya tak tahu mesti bagaimana. Nah, film ini memberikan solusi yang cukup ciamik.

Review Film Crazy Romance 2019: Kim Rae Won dalam Crazy Romance

Intinya, bagian paling menarik dari film yang juga dibintangi oleh Joo Min Kyung, Kang Ki Young, dan Jung Woong In ini merupakan kesederhanaan. Hati yang sederhana, luka lalu mencoba mengobati.

Penampilan sederhana, seperti kelas pekerja yang masih mengandalkan gaji bulanan, suasana kerja yang sederhana kadang membicarakan bos di belakang ingin marah tetapi takut dipecat, semua ditampilkan secara alami. Bagaimana kesederhanaan itu merasuk di hati penonton, mewakili pikiran penonton, adalah romantisme gila itu sendiri. Tunggu sampai pada akhiran film, kebaikan yang ‘gila’ akan memberikan aliran hangat di hati usai menonton Crazy Romance.

Film Crazy Romance tayang di Korea 2 Oktober 2019. Di Indonesia, film yang dibintangi Kim Rae Won dan Gong Hyo Jin ini baru tayang 6 November 2019. Selebihnya akan tayang streaming di Klik Film.

Penulis: Puji Puput Lestari
Penyunting: Muhammad Reza Fadillah