Apa yang Sudah Kita Ketahui dari Fase Keempat MCU Sejauh Ini?

0
409
Kevin Feige dan para pemeran fase keempat MCU

Pada Minggu pagi (21/07/2019) waktu Indonesia atau Sabtu malam waktu Amerika Serikat, tim Marvel Studios hadir dalam panel  San Diego Comic Con (SDCC) 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Marvel Studios merilis rencana mereka dalam beberapa tahun ke depan. Kali ini, mereka mengumumkan beberapa film dan serial yang masuk pada fase keempat Marvel Cinematic Universe (MCU).

Mari kita kembali ke awal bulan Mei 2019 terlebih dahulu, saat Disney Studios merilis jadwal film-film yang akan mereka produksi hingga tahun 2027. Dalam jadwal tersebut, terdapat delapan film Marvel yang akan dirilis, dengan film terakhir dijadwalkan pada tahun 2022. Dari jadwal tersebut, kita berasumsi bahwa delapan film tersebut akan masuk ke dalam fase keempat MCU. Bagaimanapun, belum diketahui apa saja film-film yang akan rilis karena Disney menyebutnya sebagai Untitled Marvel. Jadwal rilis film Disney bisa diakses di sini.

Bergerak maju ke 21 Juli 2019, Marvel Studios megumumkan film-film apa saja yang akan mereka produksi dalam fase keempat MCU di SDCC 2019. Ternyata, fase keempat ini tergolong pendek sebab durasinya hanya dua tahun. Akan ada lima film dalam fase keempat MCU dan, menariknya, ada lima serial yang akan bersangkutan dengan kelanjutan dunia sinematik para pahlawan Marvel ini. Berikut poin-poin yang telah diketahui dan prediksi awal kami untuk fase keempat MCU ini.

Mahershala Ali diperkenalkan sebagai Blade

1. 5 Film dan 5 Serial dalam Waktu 2 Tahun
Akan ada lima film yang akan masuk ke dalam fase keempat MCU. Lima film tersebut ialah Black Widow (1 Mei 2020), The Eternals (6 November 2020), Shang-Chi and the Legend of Ten Rings (2 Februari 2021), Doctor Strange in the Multiverse Madness (7 Mei 2021), dan Thor: Love and Thunder (5 November 2021). Selain itu, akan ada lima serial yang akan berkaitan dengan alur MCU, yaitu The Falcon and the Winter Soldier (musim gugur 2020), WandaVision (musim semi 2021), Loki (musim semi 2021), What If…? (musim panas 2021), dan Hawkeye (musim gugur 2021). Kesepuluh film dan serial ini akan tayang dalam jangka waktu dua tahun, jangka waktu fase terpendek dalam MCU (fase pertama empat tahun, fase kedua tiga tahun, fase ketiga empat tahun).

2. Belum Ada X-Men
Dari pengumuman Marvel Studios untuk fase keempat ini, belum ada film-film dari saga X-Men. Seperti yang sudah diketahui, studio film pemegang hak produksi X-Men ialah 21st Century Fox yang telah diakuisisi oleh Disney. Oleh karena itu, kita berharap untuk melihat para pahlawan dari X-Men bergabung ke dalam MCU. Selain itu, Studio 21st Century Fox juga pegang hak produksi untuk Fantastic Four dan Deadpool.

3. Avengers Belum Berkumpul
Untuk pertama kalinya, film Avengers tidak ada dalam satu fase MCU. Seperti yang kita ketahui, setiap fase MCU selalu ada film Avengers. Misal, fase pertama ditutup oleh The Avengers (2012), fase kedua ditutup oleh Avengers: Age of Ultron (2015) dan fase ketiga dihadiri oleh dua film Avengers, yaitu Infinity War (2018) dan Endgame (2019). Hal ini dapat dimaklumi setelah resolusi epik dari Endgame, Avengers harus menata ulang kelompok mereka.

4. Serial Marvel Mulai Dianggap
Memasukkan serial ke dalam rencana fase keempat cukup unik. Perkaranya, sejak pertama kali Marvel merilis serial pertama mereka, Agents of S.H.I.E.L.D, serial-serial rilisan mereka kurang dianggap oleh MCU. Hal ini menandakan bahwa serial-serial yang akan tayang dalam fase keempat akan berkesinambungan dengan film-film yang tayang di layar lebar.

Para pemeran dan sutradara Thor 4

5. Thor 4 Dahulu, Guardians of the Galaxy 3 Kemudian
Pada awal tahun ini, kabar mengejutkan datang dari MCU, yaitu pemecatan James Gunn sebagai sutradara Guardians of the Galaxy vol. 3. Padahal, rumornya film ini sudah mulai ambil gambar. Drama berlanjut sehingga pada akhirnya James Gunn kembali dipercaya sutradarai lanjutan film Guardians of the Galaxy lagi. Setelah menyaksikan Avengers: Endgame salah satu dugaan utama kita tentunya bergabungnya Thor ke dalam grup Guardians of the Galaxy. Oleh karena itu, kita tentunya mengira bahwa film keempat Thor akan berlangsung setelah GotG 3. Nyatanya, drama tarik-ulur James Gunn sepertinya memengaruhi produksi GotG 3 sehingga Thor 4 yang notabene produksinya lebih mudah akan tayang lebih dahulu.

6. Natalie Portman Kembali ke Saga Thor
Marvel Studios umumkan bahwa Natalie Portman akan kembali memerankan Jane Foster. Menariknya, Tessa Thompson pemeran Valkyrie yang diduga akan jadi pasangan Thor juga kembali dalam film ini. Apalagi, judul film Thor keempat ini, yaitu Thor: Love and Thunder, sehingga kemungkinan hubungan cinta Thor dengan Jane dan Valkyrie akan jadi fokus menarik dalam film ini. Sebelumnya, salah satu produser MCU, Mary Livanos, ungkap kemungkinan Valkyrie akan jadi pasangan Captain Marvel. Jadi, kemungkinan besar Thor akan kembali berhubungan dengan Jane. Sutradara Taika Waititi akan kembali mengarahkan saga Thor ini.

7. Multiverse Diperkenalkan di Doctor Strange
Dari judul sekuel Doctor Strange, yaitu Doctor Strange in the Multiverse Madness, dipastikan adanya multiverse di MCU. Keberadaan multiverse ini merupakan cara paling ampuh untuk masukkan para pahlawan super lainnya yang tidak terlibat dalam film-film MCU sebelumnya. Salah satunya, yakni para pahlawan super dari X-Men.

8. Bagaimana dengan Blade?
Film Blade resmi diumumkan oleh Marvel Studios dalam SDCC 2019 ini. Sayangnya, tanggal rilis film ini belum dirilis dan tidak masuk ke dalam fase keempat MCU. Tokoh Blade sendiri akan diperankan oleh Mahershala Ali, aktor yang kondang setelah menangi aktor pendukung terbaik Oscar dua kali dalam film Moonlight (2016) dan Green Book (2018).

infografis fase 4 MCU

Walaupun sudah merilis judul film dan waktu tayangnya, tentu saja apa yang ditampilkan Marvel Studios masih belum pasti. Seperti saat umumkan fase ketiga MCU lima tahun lalu, ada banyak perubahan tanggal tayang dan judul film. Masih ada celah bagi para penggemar untuk mengharapkan kejutan.

Penulis : Muhammad Reza Fadillah
Penyunting : Anggino Tambunan
Sumber Gambar : Zimbio.com